Memperjuangkan Rekomendasi Penelitian


Mendapatkan surat rekomendasi dan atau izin penelitian (dulunya) merupakan momok administrasi untuk para peneliti, terutama yang memiliki afiliasi dengan institusi asing..

Saya mendapatkan ketiga surat ini dalam kurun waktu total 1 bulan. 2 minggu untuk mengurus di Kemendagri, 1 minggu untuk di PemProv, dan 1 minggu untuk di Pemkot.

.

Sebenarnya prosesnya kalau diikuti tidak terlalu ribet ataupun sengaja dibuat ribet. Memang, dokumen-dokumen yang harus diurus lumayan beragam. Tapi kalau kita terbiasa mengurus dokumen beasiswa atau mendaftar sekolah, kita menjadi setidaknya lebih terbiasa dengan persyaratan-persyaratan ini.

.

Banyak yang menyarankan saya untuk menghubungi ini itu, saudara saya, saudara dia, dst. Saya bukan mau menolak bantuan dan mempermudah proses, tapi saya cuma penasaran saja, sesulit apa prosesnya, seberbelit-belit seperti yang dibilang orang kah? Menurut saya sendiri, nggak terlalu sih. Biasa saja, normal. Atau mungkin karena saya dari luar daerah sehingga mendapat perlakuan yang berbeda? Semoga tidak karena itu. .

Dengan menjalani prosesnya sendiri, saya mulai sadar bahwa pelayanan administrasi di Indonesia sudah mulai membaik. Meskipun seakan merangkak, tetapi ada perubahan yang cukup besar yang saya rasakan. Semoga semakin profesional ke depannya. .

#indonesiaoptimis

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s