Beasiswa Orange Tulip (2 habis)

Melanjutkan postingan kemarin, masih tentang Beasiswa Orange Tulip dari Belanda. Jadi memang, beasiswa ini tidak mencakup biaya-biaya secara keseluruhan. Boleh lah senang ketika mendapat kabar diterima sebagai salah satu yang dipilih beasiswa ini, tapi, masih harus giat berusaha untuk mendapatkan bantuan living allowance.

Nah, di sini saya akan bahas tentang proses pendaftaran hingga nanti diumumkan mendapat beasiswa Orange Tulip. Mekanisme beasiswa ini cukup unik, dengan proses yang gampang-gampang susah. Jadi, Orange Tulip Scholarship (OTS) biasa dibuka di awal tahun sekitar bulan Februari. Sebenarnya ini termasuk beasiswa yang masih baru, karena baru dari 1 tahun yang lalu , saya adalah angkatan kedua. Untuk pendaftaran dan persyaratannya, semua bisa dilihat di website NESO Indonesia di sana kita akan disuguhkan daftar universitas-universitas yang memberikan beasiswa OTS ini. Meskipun masih baru, jangan salah, pilihan program studi dan universitas sangatlah beragam, hampir semua jurusan tercakup ke dalam beasiswa ini. Jadi, bagi kalian yang punya jurusan apa saja, jangan berkecil hati, lihat dan baca dengan seksama program-program studi yang ditawarkan oleh universitas partner dari OTS.

Okay, setelah sudah puas memilah dan memilih jurusan mana yang terdaftar di OTS dan juga yang cocok untuk kita, langkah selanjutnya adalah dengan membuka halaman situs jurusan yang kita inginkan. Carilah tab menu admission atau application atau future student atau mungkin international student dan baca baik-baik persyaratan pendaftaran pada jurusan tersebut.

Biasanya, OTS memiliki batas waktu yang lebih lama dibandingkan dengan batas waktu untuk pendaftaran di universitas. Contohnya ketika saya kemarin, deadline untuk pendaftaran jurusan saya adalah tanggal 1 April sedangkan untuk OTS adalah 1 Mei.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s