Beasiswa Orange Tulip (1)

Kemarin tepatnya tanggal 31 Mei 2013, bisa dibilan adalah salah satu hari membahagiakan yang saya alami selama tahun 2013. Betapa tidak, tepat pukul 1 siang, saya menerima email yang menyatakan bahwa saya terpilih menjadi satu di antara 40 orang Indonesia yang menerima beasiswa Orange Tulip Scholarship.

Perasaan yang saya alami kemarin lumayan haru dan tidak percaya, karena sebelumnya, tepat 2 minggu kemarin saya telah dahulu mendapatkan email yang menyatakan bahwa dengan berat hati mereka tidak bisa meloloskan aplikasi beasiswa saya karena alasan belum menerima Letter of acceptance dari universitas yang dituju. Saat menerima email tersebut, jujur saya merasa sudah tidak punya harapan untuk meneruskan kuliah di Belanda. Betapa tidak, untuk bisa kuliah di negara ini, tuition fee yang harus dibayar adalah sekitar 12 ribu Euro per tahun. Jika dibandingkan dengan dia negara tetangganya, yaitu Jerman dan Prancis, tuition fee di universitas Belanda terbikang cukup tinggi. Kenapa? Karena di universitas-universitas Jerman dan Prancis, biasanya untuk program master hanya dikenakan sekitar 300-400€ per tahun. Atau bahkan di beberapa negara bagian di Jerman, mahasiswa baik asing maupun lokal tidak dikenakan biaya apapun kecuali Health Insurance sekitar 200€.

Beasiswa Orange Tulip ini memang hanya mencakup tuition fee waiver yang jumlahnya adalah 10 ribu Euro. Adapun untuk living allowancenya saya masih harus mencari beasiswa lain. Niatnya saya akan mendaftar untuk Beasiswa Unggulan dari Kemendiknas.

Mungkin terdengar ribet harus mengejar dua beasiswa sekaligus, jika dibandingkan bila Anda mendaftar ke universitas-universitas di Jerman dan Prancis. Namun, justru itulah serunya, sesuatu yang didapatkan penuh dengan perjuangan, nantinya ketika mendapatkannya akan jauh lebih puas dan menghargainya.

(Bersambung)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s