Kuda dan purnama

Masih berhubungan dengan postingan kuda, saya teringat dulu pernah membaca karangan Haruki Murakami yang judulnya Wind-up bird Chronicles. Di situ dalam salah satu paragrafnya membahas tentang kuda!

Kuda yang?

Pernahkah kalian merasa berbeda ketika bulan purnama datang?
Bukan berlebihan menuntut jawaban persilumanan, atau apapun yang lebay di bulan purnama, tapi, mungkin ada yang susah tidur, gelisah, atau apa?

Dan ya, malam bulan purnama adalah saat kuda-kuda bertingkah aneh. Mereka seperti gila, dan susah dikendalikan, oleh sebab itu, banyak kuda-kuda yang mati ketika bulan purnama. Dan berujung pada perlunya penjagaan yang lebih ketat di peternakan terutama pada waktu-waktu tersebut.

Lantas?

Kemarin adalah bulan purnama, tanpa sengaja saya sedang ngobrol dengan kolega saya di sini, dia cerita, kemarin malam susah tidur. Saat itu saya belum sadar kalau kemarin yang dia maksud adalah ketika malam bulan purnama. Lanjutlah dia cerita: “kamu juga nggak sih, kalau bulan purnama susah tidur? Ngerasa gelisah? Ada masalah hormonal?” saya jawab, “enggak sih, lebih ke nggak terlalu merhatiin sebenernya” udah, habis itu saya jadi teringat dengan pengalaman si kuda di bulan purnama tersebut, saya pun ceritakan ke teman saya itu, sebagai bentuk afirmasi dan membantu secara psikologis.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s