I’m collecting knives

“I’m collecting knives.”
“sorry?”
“you do hear me, knives, something to slice, cut off, and kind of weapon as well.”

Meskipun kedengaran akan agak sangar, koleksi pisau, menjadi hobby yang cukup menggoda untuk digemari.
Kenapa?

Hal ini berawal dari novel Norwegian Wood, karya Haruki Murakami yang sedang saya baca. Dalam salah satu adegan di cerita tersebut, disinggung tentang berbagai macam pisau, khususnya yang asli Jepang. Karena penasaran, saya browse di Google. Setelah membaca artikel dari Wikipedia, cukup jelas jenis-jenis pisau yang dideskripsikan. Dan saya hanya bisa kagum dengan semua hal “sepele” tersebut. Jujur saja saya tidak (mau) pernah tau tentang pisau dan whatever jenisnya. Sehingga setelah membaca sekilas artikel tersebut, pengetahuan saya lumayan bertambah.

Jadi intinya, sebuah pisau dapat diklasifikasikan berdasarkan fungsinya. Ada yang untuk memotong daging, menguluti, memotong roti, keju, sayuran, dan hingga untuk kebutuhan sehari-hari. Pengklasifikasian tersebut ada hubungannya dengan bentuk pisau, serta elastisitas, panjang, dan materi dasarnya. Sebagai contoh, pisau roti memiliki panjang antara 15 – 30 cm dengan serrated knife form (bergerigu) sehingga memudahkan untuk memotong permukaan yang keras. Pisau ini justru lebih ampuh untuk memotong permukaan keras dibandingkan dengan pisau lancip dan rata.

Belum selesai, masih ada berbagai jenis pisau lain yang juga menarik. Contohnya seperti pisau daging dengan lempeng yang lebar. Pisau untuk menguliti daging dan memisahkannya dari tulang, dengan bentuk yang panjang dan fleksibel sehingga dapat mencapai celah-celah sempit (terkesan seperti iklan sikat gigi malahan).

Jadi, saya tetap setia dengan French Chef’s Knife saya, anyway!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s