Starbucks? Kenalan dulu aja Mbak, kenalan.

Berapa kali saya dibikin keki sama kelakuan dan sikap orang di sini. Sering saya bertanya dalam hati, “kok bisa sih mereka se-sombong se-nggak pedulian se-cuek se-sesuka hati se-enggak ngerti lagi deh mau komentar apa” ya itulah, sejauh ini, orang Prancis. Bukan bermaksud membuat silogisme dadakan, toh ada beberapa juga yang nggak seperti itu. Tapi sedikit. *okay saya mulai maksa*

Jadi kejadiannya adalah saat kelas Méthodologie de travail universitaire (mungkin kalau di kampus saya yang dulu, namanya Mata Kuliah Pengembangan Keterampilan Terintegrasi, *bener begitu bukan sih? Semoga saya tidak menyesatkan*). Kami disuruh membaca sebuah artikel, tentu dalam bahasa Prancis, kebetulan sebelah saya adalah orang asli pedalaman sini, dengan sedikit sifat bawaan lahir khas bangsanya. Lanjut, artikel ini adalah tentang klasifikasi UNESCO terhadap tempat-tempat wisata yang makin lama makin sembarangan saja, semua-semua dimasukkan ke klasifikasinya. Alhasil, si penulis mengibaratkannya sudah menjamur semisal Starbucks. Teman sebelah saya ketawa-ketawa saja waktu mendengar kalimat tersebut.

Karena iseng dan penasaran, sekaligus jail saja, saya tanya ke dia, “Tu connais c’est quoi Starbucks?” “km tau Starbucks apaan?”. Dan jeng jeng jeng….

“C’est un comédien à l’origine d’Hollywood, Etats-Unis.” Dengan gaya songong à la orang asli sini yang sok tau nyebelin.. “Itu kan artis Hollywood, Amrik”.

How come mamennnnnn!!!

Mendengar jawaban dia, dengan santun dan ikut-ikutan sok cuek, saya menjawab datar.. “itu nama kafe”…

Dia diam…

Dalam hati saya, “whoooohoooohooo eat that!

Kemudian setelah beberapa menit diam (mungkin dia nggak terima kalah dengan orang dari “negara berkembang”) dia bertanya, “emangnya di tempatmu ada?”

Nggak mau kalah, saya jawab masih datar, pake analogi, “ya kaya’ kafe-kafe biasa di sini… dimana-mana ada.” dalam hati saya (masih), kau pikir kami di Indonesia mau minum kopi harus nungguin Luwak ngeluarin kotoran dulu? hallo hello Mbak… kenalan dulu deh sana sama Starbucks sebelum nyombong.

Angers, 30 Desember 2011

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s